17 - 20 SEPTEMBER 2025

Jakarta International Expo, Jakarta - Indonesia

Industri Tambang Dukung Bisnis Berkelanjutan dengan Nature Based Solution

Isu sustainability kini semakin krusial, terutama di tengah perubahan iklim. Hal ini pun menjadi perhatian perusahaan, tak terkecuali perusahaan yang bergerak di industri pertambangan.

Direktur Strategic & Corporate Affair Vale Indonesia, Budiawansyah mengatakan pihaknya mengedepankan keberlanjutan dalam menjalankan bisnis. Dengan begitu diharapkan mineral bisa memberikan dampak positif, tak hanya bagi kemakmuran masyarakat tapi juga lingkungan.

“Kita kembali lihat purpose atau tujuan untuk men-transform mineral untuk kemakmuran bersama. Tapi bagaimana caranya? Salah satunya nature based solution ini jadi solusi. Jadi kalau bicara lingkungan ini, nature based solution sudah jadi DNA,” ujarnya dalam sesi Greentalk di detikPagi bertajuk ‘Nature Based Solution untuk Mendukung Business Sustainable’, Rabu (3/7/2024).

Dalam praktiknya, kata dia, Vale Indonesia berkomitmen menerapkan good mining practice dalam perencanaan kegiatan tambang. Di mulai dari pra tambang dengan menginventarisir ekosistem flora dan fauna di kawasan. Lalu pada saat konstruksi, pihaknya memastikan kegiatan operasi berjalan sesuai standar dan peraturan yang berlaku di dunia.

“(Sedangkan) contoh di rencana pasca tambang harus di-set, selesai nambang ini mau ngapain. Jadi melibatkan sosial, melibatkan tanaman, dan lain-lain,” tuturnya.

read more…

Source: news.detik.com